Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan dan bahasa resmi bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia diresmikan stelah proklamasi kemerdekaan Indonesia, tepatnya sehari sesudahnya bersama dengan mulainya pemberlakuan konstitusi.

 


             Sekarang Bahasa Indonesia sudah digunakan hampir oleh seluruh rakyat Indonesia. Bahasa Indonesia sangat penting karena digunakan oleh rakyat Indonesia untuk berkomunikasi satu sama lain sehingga menghindari kesalah pahaman antar rakyat Indonesia.



Bahasa Indonesia sekarang sudah banyak dipelajari di luar negeri. Contohnya;

1. Dijadikan Bahasa resmi kedua di Thailand

Pemerintah di daerah Ho Chi Minh City, Vietnam mengumumkan bahwa Bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa resmi kedua pada bulan Oktober 2007 menurut kata seorang diplomat Indonesia. Untuk mengembangkan dan  membantu memperlancar kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia di Vietnam maka pihak Konsulat Jendral Republik Indonesia yang berada di daerah itu membantu untuk menyediakan sarana - sarana yang diperlukan oleh beberapa universitas, kata Irdamis. Sarana yang dibantu persediaannya antara lain macam - macam peralatan komputer, alat peraga untuk menjelaskan, bantuan dosen dan bantuan keuangan bagi setiap kegiatan untuk promosi Bahasa Indonesia. Bentuk kegiatan - kegiatan itu antara lain lomba pidato yang menggunakan Bahasa Indonesia, lomba esei tentang Indonesia, dan pameran kebudayaan Indonesia. Universitas Hong Bnag, Universitas Nasional HCMC, dan Universitas Sosial dan Humaniora membuka studi untuk belajar Bahasa Indonesia. Menurut Irdamis, "Jumlah mahasiswa yang terdaftar sampai November 2008 sebanyak 63 orang dan menurut universitas - universitas itu, minat untuk mempelajari cenderung meningkat".

2.Bahasa Indonesia dipelajari oleh Lebih dari 45 Negara di dunia

Orang asing banyak yang memiliki minat tinggi untuk mempelajari Bahasa Indonesia, itu yang mendorong orang asing untuk mempelajari Bahasa Indonesia. Itu akan mendorong perkembangan Bahasa Indonesia di mata dunia. 45 negara yang mempelajari Bahasa Indonesia anatara lain Australia, Amerika, Kanada, Vietnam, dan lainnya.

Kita harus bangga dengan Bahasa Indonesia

                Agar mudah dalam mempelajari Bahasa Indonesia kita dapat menggunakan berbagai media antara lain;
  • Menggunakan slide dan film yang menjelaskan tentang Bahasa Indonesia
  • Memberikan contoh gambar - gambar yang berkaitan dengan Bahasa Indonesia (seperti gambar Bendera Indonesia yaitu Bendera Merah Putih)
  • Rekaman suara percakapan menggunakan Bahasa Indonesia
  • Permainan kuis tentang Bangsa Indonesia
dan ada cara lain untuk mempelajari Bahasa Indonesia dengan cara langsung praktek seperti
  • Praktek melakukan drama percakapan Bahasa Indonesia
  • Praktek melakukan pidato berbahasa Indonesia
  • Praktek membaca menggunakan Bahasa Indonesia, dan lainnya
Kita dapat menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia yang disingkat KBBI untuk mempermudah dalam membantu kita untuk mencari arti asli dari kata - kata yang menggunakan Bahasa Indonesia

Tugas sebagai Rakyat Indonesia adalah mengembangkan pengetahuan tentang Bangsa Indonesia, berprestasi untuk mengharumkan nama Bangsa Indonesia, mengembangkan Bahasa Indonesia, dan lain - lain.
 


Leave a Reply

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Halo saya Angelita Rusli kelas 9D. Aku sekolah di SMPK Santa Agnes, Surabaya. Semoga kalian semua suka ya membuka dan membaca BLOG ku

BTemplates.com