Seni dan budaya adalah dua hal yang saling berkaitan dan sangat sulit untuk dipisahkan. Karena di setiap seni pasti mengandung kebudayaan yang khas begitu juga sebaliknya, pada setiap kebudayaan pasti mengandung nilai seni yang indah.

 


 
Pengertian kata seni :
 


Seni adalah kata serapan dari bahasa Sansekerta yaitu sani. Yang berarti ‘pemujaan, pelayanan dan persembahan’. Sehingga kata tersebut memiliki ikatan erat dengan suatu upacara keagamaan atau biasa kita kenal dengan nama ‘kesenian’.
Sedangkan menurut Padmapusphita, kata seni sendiri berasal dari Belanda (genie) yang memiliki arti ‘jenius’. Itu artinya, menurut Padmapusphita, seni adalah kemampuan bakat yang sudah ada sejak lahir.
Pengertian kata budaya :

Kata budaya berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah yang dapat diartikan sesuatu yang memiliki keterkaitan dengan budi dan akal manusia.
Dalam bahasa Inggris, budaya disebut culture yang berasal dari bahasa Latin, colere. Yang berarti mengolah atau mengerjakan.

Berikut contoh seni budaya di Indonesia :

1. Tari - Tarian Tradisional
 
Ini merupakan salah satu contoh tari tarian tradisional Indonesia yang berasal dari Aceh yaitu Tari Saman. Tari Saman merupakan salah satu media untuk pencapaian pesan (dakwah). Tarian ini mencerminkan pendidikan, keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan dan kebersamaan.
 
2. Kain - kain tenun
 


Ini merupakan salah satu contoh kain tenun dari Lombok. Banyak sekali hasil tenunan yang ada di Indonesia. Kain tenun yang berasal dari Indonesia sangat bagus dan unik. Bahkan kain tenun Indonesia sangat terkenal sampai manca negara. Kain tenun Indonesia sangat unik dalam proses pembuatannya membuat harga semakin mahal.

3. Batik
 
Batik adalah kain ukiran yang sangat unik dan indah. Batik merupakan salah satu simbol karya Indonesia. Batik memiliki banyak manfaat. Seperti dapat dibuat menjadi baju, tas, dan lainnya. Batik juga sangat terkenal sampai mancanegara.















4. Alat Musik
 Angklung merupakan salah satu alat musik yang terkenal dari Indonesia. Angklung berkembang dalam masyarakat Sunda di Pulau Jawa bagian Barat. Angklung dibuat dari bambu sehingga suara yang dihasilkan sangat merdu. Angklung digemari oleh masyarakat mancanegara.

5.  Teknik Ukiran
 
 
 
 

 
 
Indonesia juga memiliki ukiran - ukiran yang sangat indah dan unik. Ukiran ini ada yang berada di media kayu, batu, dan lainnya. Ada juga yang merupakan relief dari candi. Ukiran - ukiran ini yang membuat semain indah pada tempat yang diletakkan ukiran / reliefnya.


Indonesia sangat terkenal dengan berbagai macam budaya, suku, adat, dan ras sehingga di Indonesia banyak sekali macam - macam hasil karya dan kesenian yang sangat unik dan bermacam - macam.


6. Wayang
 
 
Wayang adalah seni pertunjukkan asli Indonesia yang berkembang pesat di Pulau Jawa dan Bali. Pertunjukan ini juga populer di beberapa daerah seperti Sumatera dan Semenanjung Malaya juga memiliki beberapa budaya wayang yang terpengaruh oleh kebudayaan Jawa dan Hindu.
 
7. Karapan Sapi
 
 
Karapan sapi merupakan istilah untuk menyebut perlombaan pacuan sapi yang berasal dari Pulau Madura, Jawa Timur. Pada perlombaan ini, sepasang sapi yang menarik semacam kereta dari kayu (tempat joki berdiri dan mengendalikan pasangan sapi tersebut) dipacu dalam lomba adu cepat melawan pasangan-pasangan sapi lain.
 
8. Reog Ponorogo
 
 
Reog adalah salah satu kesenian budaya yang berasal dari Jawa Timur bagian barat-laut dan Ponorogo dianggap sebagai kota asal Reog yang sebenarnya. Gerbang kota Ponorogo dihiasi oleh sosok warok dan gemblak, dua sosok yang ikut tampil pada saat reog dipertunjukkan. Reog adalah salah satu budaya daerah di Indonesia yang masih sangat kental dengan hal-hal yang berbau mistik dan ilmu kebatinan yang kuat.
 
 
Masih banyak lagi keragaman budaya yang Indonesia miliki. Indonesia memiliki banyak sekali budaya yang terkenal dan yang indah. Budaya Indonesia merupakan budaya yang sangat bagus. Bahkan budaya Indonesia terkenal di mancanegara. Jadi, kita harus bangga dengan budaya Indonesia.
 
 
 
 Sekian dan Terima Kasih
 
 

 



Leave a Reply

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Halo saya Angelita Rusli kelas 9D. Aku sekolah di SMPK Santa Agnes, Surabaya. Semoga kalian semua suka ya membuka dan membaca BLOG ku

BTemplates.com