Dalam matematika, matematika dibagi menjadi 3 bagian yaitu, aljabar yang fokus kepada variabel-variabel seperti x, y, z, kemudian ada aritmetika yang fokus kepada angka - angka, dan yang terakhir adalah geometri yang cenderung kepada bangun-bangun. Dalam postingan kali ini, saya akan membahas secara detail mengenai apa itu aljabar.


 
 
 
Aljabar adalah salah satu cabang matematika yang mempelajari tentang pemecahan masalah menggunakan simbol – simbol sebagai pengganti konstanta dan variabel. Aljabar ditemukan oleh seorang cendekiawan Islam yaitu beliau Al Khawarizmi yang merupakan ilmuwan  Uzbeikistan yang mengabdikan dirinya sebgai seorang dosen di sekolah kehormatan di Baghdad. Jika dilihat kembali aljabar sendiri memiliki artian hubungan atau penyelesaian.



Seperti penjelasan sederhana yang ada diatas, aljabar adalah cabang matematika yang berhubungan dengan variabel, ternyata dalam aljabar kita tidak hanya berfokus pada variabel saja tapi juga berfokus kepada konstanta dan koefisien, maka dalam aljabar kita harus mengingat ke-3 hal ini :

1.Variabel    : simbol pengganti suatu bilangan yang belum diketahui nilainya secara jelas.
 
2. Konstanta : bilangan yang tidak bermuat variabel
  
3. Koefisien  : faktor konstanta dari suatu variabel.

Contoh :


 Dalam aljabar sendiri, ternyata aljabar memiliki 4 buah cabang yaitu :

Aljabar Dasar
Biasa disebut juga sebagai aljabar elementer yaitu jenis aljabar yang mempelajari sifat-sifat yang terjadi pada operasi bilangan riil yang direkam dalam bentuk simbol untuk menyatakan konstanta serta variabel. Aljabar dasar inilah yang biasa kita temukan pada pelajaran matematika yang ada di sekolah. Aljabar dasar diperuntukkan bagi mereka yang benar-benar belum mengenal aljabar.

Aljabar Abstrak
dikenal sebagai aljabar modern. aljabar abstrak mempelajari struktur aljabar dalam bentuk Ring, Grup, dan Medan (fields) yang kemudian diajarkan serta didefinisikan dengan cara aksiomatis.


Aljabar Linear
Aljabar ini mempelajari sifat-sifat khusus yang terjadi pada ruang vektor. aljabar ini juga mempelajari Matriks.


Aljabar Universal
Mempelajari keseluruhan sifat dari struktur aljabar yang ada.


 Sekian dan Terima Kasih
 

 



One Comment

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Halo saya Angelita Rusli kelas 9D. Aku sekolah di SMPK Santa Agnes, Surabaya. Semoga kalian semua suka ya membuka dan membaca BLOG ku

BTemplates.com