Seperti yang kita tahu bahwa Bunda Maria adalah istri Yusuf dan Ibu Yesus. Bunda Maria dipilih oleh Allah untuk menjadi Ibu Yesus di dunia ini. Jadi Bunda Maris mengandung Yesus tetapi Bunda Maria masih perawan. Pada saat malaikat Gabriel menyampaikan kabar bahwa Bunda Maria akan mengandung Bunda Maria berkata "Terjadilah padaku menurut kehendak-Mu"(Lukas 1:38). Ini yang membuat Bunda Maria sebahai pedoman penyerahan iman kita.


Sikap teladan Bunda Maria patut kita contoh seperti menyerahkan diri kepada Tuhan, setia kepada Tuhan, dan selalu percaya kepada Tuhan Allah walaupun dalam kondisi apapun.
 
Bunda Maria setia menemani Yesus sampai Yesus disalibkan merupakan contoh teladan untuk kita agar kita tetap kuat untuk menghadapi segala cobaan dan tetap taat pada kehendak Allah.
 
Kita sebagai orang Katolik menghormati Bunda Maria dengan mengadakan perayaan - perayaan. Berikut contoh perayaan - perayaannya :
Perayaan - Perayaan yang Setingkat Hari Raya



     1. Hari Raya Santa Maria Bunda Allah
          Perayaan ini dilaksanakan pada tanggal 1 Januari

     2. Hari Raya Kabar Sukacita
          Perayaan ini dilaksanakan pada tanggal 25 Maret tepat pada sembilan bulan sebelum Yesus lahir di dunia ini (Perayaan Natal).
  
     3.  Hari Raya Bunda Maria diangkat ke Surga
           Perayaan ini dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus, berdasarkan dogma yang dikeluarkan Paus Pius XXII pada tanggal 15 Agustus 1950.

    4. Hari Raya Santa Maria Dikandung Tanpa Noda
         Perayaan ini dilaksanakan pada tanggal 8 Desember karena berdasarkan dogma yang dikeluarkan Paus Pius XI pada tanggal 8 Desember 1854. Dikatakan bahwa Bunda Maria sejak dikandung, Bunda Maria tidak ternoda oleh dosa.
                                     
 Perayaan - Perayaan yang Setingkat Pesta
    1. Pesta Santa Perawan Maria mengunjungi Elizabeth
         Diperingati pada tanggal 31 Mei tepatnya pada saat Bunda Maria mengunjungi saudaranya Elizabeth di  Ain Karim.

    2. Pesta Kelahiran Santa Maria
        Diperingati pada tanggal 8 September berdasarkan tradisi di Gereja Timur dan mulai berembang di Gereja Barat sejak pada abad ke lima.

                                             Perayaan - Perayaan yang Setingkat Peringatan
   1. Peringatan Wajib Santa Perawan Maria Ratu
       Perayaan ini tepat dilaksanakan setelah 7 hari Bunda Maria diangkat ke Surga pada tanggal 22 Agustus.
   2. Peringatan Wajib Santa Perawan Maria Berdukacita
        Perayaan ini dilaksanakan pada 15 September (setelah merayakan Pesta Salib Suci).

   3. Peringatan Wajib Santa Perawan Maria Ratu Rosari
       Dilaksankan pada 7 Oktober untuk mengenang kemenangan Armada Katolik dalam pertempuran Lepanto pada tanggal 7 Oktober 1571. Paus Leo XIII melalui ensiklik Supremi Apostolatus Officio, 1 September 1883 memaklumkan bulan Oktober sebagai Bulan Rosario. Biasanya doa ini menggunakan Rosario.
                                   

   4. Peringatan Wajib Santa Perawan Maria Dipersembahkan kepada Allah
       Peringatan ini dilaksanakan pada tanggal 21 November (sebagai pengakuan bahwa Bunda Maria yang merupakan Bait Suci di mana tempat Allah (Putera) berdiam.



Leave a Reply

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Halo saya Angelita Rusli kelas 9D. Aku sekolah di SMPK Santa Agnes, Surabaya. Semoga kalian semua suka ya membuka dan membaca BLOG ku

BTemplates.com