Pendidikan kewarganegaraan dibutuhkan untuk mengatur atau sebagai aturan dalam hidup bermasyarakat. Kita harus mengetahui dasar - dasar dalam pendidikan kewarganegaraan.  
    Di Indonesia Kita memiliki dasar negara yaitu Pancasila, Pancasila sebagai pedoman dasar kita sebagai Warga Negara Indonesia. Berikut arti dari pancasila :
                         


Pancasila berasal dari Bahasa Sanskerta yaitu Panca yang berarti lima dan sila yang berarti prinsip atau juga asas. Oleh karena itu berikut lima sila bagian dari Pancasila.
1. Ketuhanan yang Maha Esa
 
Tuhan merupakan sumber terang bagi kita umat manusia. Tuhan juga sebagai prioritas utama bagi kehidupan kita. Tuhan berperan penting untuk mengatur, menjadi pedoman, dan sebagai Tuhan kita. Tuhan paling penting sehingga sebagai sila pertama.
2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
Mata rantai ada yang berbentuk segi empat dan lingkaran. Mata rantai yang berbentuk segi empat melambangkan laki - laki sedangkan mata rantai yang berbentuk lingkaran melambangkan perempuan. Jadi sila kedua ini melambangkan rantai yang memiliki arti laki - laki dan perempuan itu saling membutuhkan, bekerja sama, dan dapat untuk bersatu dengan kuat seperti rantai itu.

 3. Persatuan Indonesia

Persatuan Indonesia dilambangkan dengan pohon beringin karena pohon beringin merupakan pohon yang besar sehingga dapat menjadi naungan bagi orang - orang seperti halnya persatuan Indonesia yang berarti semua warga negara atau rakyat Indonesia dapat bernaung di Negara Indonesia. Pohon beringin juga memiliki banyak akar dimana - mana oleh karena itu memiliki arti bahwa Indonesia memiliki beraneka ragam suku bangsa yang berada di dalam negara Indonesia.
4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan atau Perwakilan
 
Sila keempat ini dilambangkan kepala banteng karena banteng adalah hewan yang suka berkumpul jadi kita rakyat Indonesia harus berkumpul atau musyawarah untuk memutuskan sesuatu.
5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
   
Sila kelima ini dilambangkan padi dan kapas karena padi dan kapas merupakan kebutuhan dasar setiap manusia sehingga padi dan kapas ini merupakan kebutuhan pangan dan sandang yang sangat dibutuhkan untuk mencapai kemakmuran rakyat yang merupakan tujuan dari sila ini.
 
Indonesia juga memiliki lambang negara yaitu Burung Garuda
 

Burung garuda memiliki arti yaitu:
1. Jumlah Bulu :
 Sayap Burung Garuda memiliki 17 bulu
 Bulu di Ekor Burung Garuda memiliki 8 bulu
 Bulu bawah perisai 19 bulu
 Bulu leher 45 bulu
            Sehingga memiliki makna Hari Kemerdekaan Indonesia adalah 17 Agustus 1945
2. Perisai
Burung Garuda memiliki perisai yang berisikan tentang Pancasila sebagai dasar negara.
Garis tebal melintang memiliki arti bahwa Indonesia dilalui oleh garis khatulistiwa
3.Pita pada kaki Burung Garuda
Pita di kaki Burung Garuda bertuliskan Bhineka Tunggal Ika yang memiliki arti walaupun berbeda - beda tetapi tetap satu jua yang berasal dari buku Sutasoma karya Empu Tantular.
 
Hukum Tertulis terdapat pada UUD 1945 yang sudah mengalami 4 kali amandemen.
 
                                     Sekian dan Terima Kasih
 

 
 

 
 



Leave a Reply

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Halo saya Angelita Rusli kelas 9D. Aku sekolah di SMPK Santa Agnes, Surabaya. Semoga kalian semua suka ya membuka dan membaca BLOG ku

BTemplates.com