IPA adalah singkatan dari Ilmu Pengetahuan Alam. IPA terdiri dari 3 pelajaran yaitu, Fisika, Kimia, dan Biologi. IPA sangat berkaitan dengan kegiatan kita di lingkungan. Jadi, kita perlu  untuk mengetahui pelajaran IPA dengan lebih baik lagi agar kita dapat melakukan kegiatan yang berguna dan bermanfaat bagi lingkungan.



Jadi saya akan menjelaskan masing - masing pelajaran yang merupakan bagian dari IPA

1. Fisika

Fisika adalah sains atau ilmu alam yang mempelajari materi beserta gerak dan perilakunya dalam lingkup ruang dan waktu, bersamaan dengan konsep yang berkaitan seperti energi dan gaya. Salah satu ilmu sains paling dasar, tujuan utama fisika adalah memahami bagaimana alam semesta berkerja.

Fisika adalah salah satu disiplin akademik paling tua, mungkin salah jadi yang tertua melalui astronomi yang juga termasuk di dalamnya. Over the last two millennia, physics was a part of filsafat alam bersama dengan kimia, biologi, dan cabang tertentu matematika, namun ketika munculnya revolusi sains di abad ke-17, sains alam berkembang sebagai program penelitian sendiri. Fisika berpotongan dengan banyak area penelitian bidang ilmu lain, seperti biofisika dan kimia kuantum, dan batasan fisiknya tidak didefinisikan jelas. Ilmu baru dalam fisika terkadang digunakan untuk menjelaskan mekanisme dasar sains lainnya serta membuka jalan area penelitian lainnya seperti matematika dan filsafat.

Mempelajari fisika mempunyai banyak manfaat. Mulai awal dipelajarinya ilmu fisika, fisika telah  terbukti mampu membantu memudahkan manusia dalam menjalani aktivitas kehidupan sehari-hari. Beberapa manfaat mempelajari fisika antara lain:
1. Melatih berpikir logis

 Mempelajari fisika melatih cara berpikir logis dan sistematis karena berdasarkan fakta kehidupan sehati-hari seperti percepatan mobil,gravitasi apel jatuh hingga energi listrik pada laptop. Memahami konsep dan fakta unik fisika membuat kita terbiasa untuk berpikir berdasarkan logika.

2. Mengerti fenomena alam

 Fisika juga membantu kita untuk memprediksi kejadian alam yang menjadi penting untuk peradaban umat manusia. Kita akan memahami bagaimana dunia bekerja dari mulai mekanika kuantum, struktur atom hingga astrofisika yang akan membawa manfaat untuk mengerti fenomena alam.

3. Relevan dengan bidang sains lain

 Fisika merupakan landasan ilmu untuk perkembangan ilmu lainnya seperti dalam bidang teknik dan kedokteran. Misal mahasiswa kedokteran perlu memahami bagaimana darah dan arus udara dalam tubuh melalui konsep tekanan, kecepatan aliran dan perubahan resistensi terhadap aliran. Bila kamu memahami ilmu fisika, maka akan mudah bagi kamu mengaplikasikan dalam bidang ilmu lainnya.

4. Mengikuti perkembangan teknologi

 Kemajuan teknologi seringkali berdasarkan penemuan dalam fisika atau improvisasi dari ilmu dasar fisika. Perkembangan rocket science, nuklir dan sebagainya yang merupakan terapan dari perkembangan ilmu fisika. Memahami ilmu fisika akan memudahkan kita memahami teknologi terbaru.

5. Fisika sebagai ilmu dasar  mempunyai andil dalam pengembangan ilmu-ilmu lain.

6. Fisika melatih kita untuk berpikir logis dan sistematis.

2. Kimia


Kimia adalah cabang dari ilmu fisik yang mempelajari tentang susunan, struktur, sifat, dan perubahan materi. Ilmu kimia meliputi topik-topik seperti sifat-sifat atom, cara atom membentuk ikatan kimia untuk menghasilkan senyawa kimia, interaksi zat-zat melalui gaya antarmolekul yang menghasilkan sifat-sifat umum dari materi, dan interaksi antar zat melalui reaksi kimia untuk membentuk zat-zat yang berbeda.

1. Mengetahui Manfaat dan Bahaya dari Bahan Kimia

kita memang harus mengerti manfaat dan bahaya bahan kimiaagar kita bisa memanfaatkannya dengan benar dan dengan maksimal dan juga kita dapat menghindari bahaya-bahaya zat kimia.
Manfaat bahan kimia dapat dirasakan pada:
•Manfaat parasetamol untuk pengobatan penurun panas tubuh
•Manfaat asam sitrat yang baik untuk melindungi gigi yang ada pada pasta gigi
•Manfaat gas metana yang di gunakan untuk bahan bakar gas

2. Memahami Alam Sekitar dan Proses yang Berlangsung

Makanan yang berasal dari tumbuhan berbaur dengan proses kimia, dan juga tubuh kita memerlukan protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan secara keseluruhan semuanya itu merupakan proses kimia dan menjadikan kita dapat menghasilkan gas karbondioksida, air, dan energy yang setiap harinya kita keluarkan dan butuhkan. Oleh sebab itu belajar ilmu kimia sangatlah menguntungkan kita dalam kehidupan sehari-hari agar dapat mengenali proses yang berlangsung dalam lingkungan kita.

3. Mengetahui Bahan Olahan yang Digunakan
Sabun, pasta gigi, kosmetik, plastik, tekstil, pupuk, obat, bahan bakar, cat, pestisida, bumbu masak, alat rumah tangga, adalah beberapa contoh jenis bahan olahan yang semuanya hasil dari penerapan ilmu kimia dan kebanyakan bahan yang kita gunakan sehari-hari mendapatkan sentuhan kimia. Namun barang-barang olahan yang disebut diatas, tidaklah membahayakan diri kita jika kita menggunakan bahan-bahan olahan tersebut dengan baik dan tepat.

3. Biologi

Biologi adalah kajian tentang kehidupan, dan organisme hidup, termasuk struktur, fungsi, pertumbuhan, evolusi, persebaran, dan taksonominya. Ilmu biologi modern sangat luas, dan eklektik, serta terdiri dari berbagai macam cabang, dan subdisiplin. Namun, meskipun lingkupnya luas, terdapat beberapa konsep umum yang mengatur semua penelitian, sehingga menyatukannya dalam satu bidang. Biologi umumnya mengakui sel sebagai satuan dasar kehidupan, gen sebagai satuan dasar pewarisan, dan evolusi sebagai mekanisme yang mendorong terciptanya spesies baru. Selain itu, organisme diyakini bertahan dengan mengonsumsi, dan mengubah energi serta dengan meregulasi keadaan dalamnya agar tetap stabil, dan vital.

1.Sebagai ilmu murni
Biologi dalam hal ini dikembangkan dalam ilmu dasar murni untuk berbagai macam keperluan dalam bidang tertentu.
2.Bidang pertanian
Berbagai macam penemuan jenis gen yang bersifat unggul yang menjadi solusi dalam budidaya tanaman sehingga ada alternatif mendapatkan bahan makanan pokok untuk pemenuhan kebutuhan manusia.
3.Bidang kesehatan
Bisa memahami berbagai macam struktur tubuh manusia, anatomi, kondisi abnormal dalam tubuh, menemukan berbagai macam, vaksin dan masih banyak yang lainnya.
4.Bidang kedokteran
Dengan biologi bisa mengetahui cara untuk transplatasi organ tubuh, implatansi bayi tabung, mengatasi penyakit kanker dan lain-lain.
5.Bidang farmasi
Ditemukan jenis obat yang sangat dibutuhkan oleh manusia, membantu dalam pemahaman reaksi manusia atas bahan kimia yang ada pada obat dan dapat membuka jalan dalam memproduksi senyawa antibiotik dan insulin.
6.Bidang peternakan
Munculkan berbagai macam variasi unggul dalam dunia peternakan, kawin silang, inseminasi buatan untuk sapi dan lain-lain.
7.Bidang pengaturan makanan
Ditemukan jenis makanan yang tepat untuk penderita diabetes dengan ukuran yang sehat dan program diet ketat yang sehat.
8.Bidang kuliner
Bisa memanfaatkan bahan protein nabati dan hewani sebagai bahan masakan dan bumbu untuk penyedap rasa.
9.Bidang obat herbal
Ditemukan berbagai macam obat herbal dari bahanan yang sepele namun manfaatnya sangat besar.
10.Kehidupan sosial
Riset dan penemuan tentang DNA yang dapat mensejahterakan masyarakat.

Sekian penjelasan saya tentang pelajaran IPA semoga bermanfaat bagi semua orang.


       Sekian dan Terima Kasih

 
 

 


Leave a Reply

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Halo saya Angelita Rusli kelas 9D. Aku sekolah di SMPK Santa Agnes, Surabaya. Semoga kalian semua suka ya membuka dan membaca BLOG ku

BTemplates.com